Sejarah Desa

Desa Bunde merupakan Desa yang sangat Strategis, lebih kurang 1 Km arah s e l a t a n dari Ibu Kota Kecamatan Sampaga dan jalan raya Provinsi (Trans Sulawesi). Dengan letak yang strategis itu banyak potensi yang bisa dikembangkan dan digali lebih maksimal lagi oleh Desa untuk kesejahteraan masyarakat. Sebagian besar wilayah Desa Bunde adalah lahan pesawahan yang artinya Desa Bunde menjadi salah satu wilayah produktif pengasil padi di wilayah Kabupaten Mamuju. Peningkatan IPTEK disegala aspek Perekonomian, Kebudayaan dan Pendidikan menjadi salah satu visi dan misi yang harus dicapai sehingga terbuka lapangan pekerjaan yang cukup, SDM yang handal yang akan memaksimalkan potensi yang ada agar tercipta masyarakat yang siap dalam menghadapi era globalisasi di kemudian hari.

Desa Bunde pada tahun 1980 Merupakan Wilayah Desa Pengale Kecamatan  Kaluku, yang kemudian diserahkan ke pada Departemen Transmigrasi, untuk di jadikan sebagai wilayah Transmigrasi.

Pada perkembanganya kemudian pada Tahun 1988 pihak Departemen Transmigrasi menyerahkan UPT (Unit Pemukiman Transmigrasi) SP2 Bunde Kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju (Pejabat Bupati saat Bp. MUSA KARIM). Yang kemudian di tindaklanjuti dengan Mengangkat Pejabat KAD (Kepala Administrasi Desa).Kemudian pada Bulan Februari 1989 Bunde Resmi menjadi Desa Persipan, dengan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor: 182/II/1989 Tentang:PEMBENTUKAN 4(EMPAT) DESA EX. UNIT PEMUKIMAN TRANSMIGRASI  DALAM WILAYAH KABUPATEN DAERAH TINGKAT II MAMUJU”

Pada Tahun 1990 Bunde telah defenitif menjadi Desa dan diadakan Pemilihan Kepala desa secara Langsung. Yang kemudian saudara PARDIYO sebagai Kepala Desa Pertama sesuai dengan : “SURAT KEPUTUSAN BUPATI KEPALA DAERAH TINGKAT II MAMUJU”  Nomor: 59/III/SK/1990

  1. Kronologis Kepemimpinan di Desa Bunde

2.1.2.1.LegendaDesa

DAFTAR NAMA – NAMA KEPALA DESA BUNDE

No

Nama Periode

Keterangan

1

Pardiyo

1990 – 1990

                     Terpilih Secara Langsung

2

Pardiyo

1998 – 2000

                      Penjabat Kepala Desa

3

Pardiyo

2000 – 2008

                      Terpilih Secara Langsung

4

Amrullah

2008 – 2013

                      Terpilih Secara Langsung

5

Agung Patolla

2013 – 2014

                      Penjabat Kepala Desa

6

Subagiyo

2014 – 2015

                      Penjabat Kepala Desa

7

Bondan Winarno

2015 – 2021

                     Terpilih Secara Langsung

Bangsa yang Baik adalah bangsa yang mau menghormati dan menghargai sejarahnya.